Koruptor e-KTP yang Divonis 15 Tahun Penjara

KoranHarian.NetKoruptor e-KTP yang Divonis 15 Tahun Penjara - Irman dan Sugiharto terbukti korupsi senilai Rp. 2,3 Triliun dan divonis hukuman 15 tahun penjara, 

Irman diperkuat hukumannya menjadi 15 tahun penjara saat di tingkat kasasi, sama dengan Sugiharto yang dihukum 15 tahun penjara oleh Trio Hakim Agama oleh Artidjo Alkostan, MS Lumme dan Abdul Latief.

Irman diwajibkan mengembalikan uang yang dikorupsi sebesar USD 500 ribu dan Rp 1 miliar dikurangi uang yang sudah dikembalikan sementara. Bila ia tidak membayar uang pengganti maka harta nya akan dirampas namun jika masih belum cukup maka hukuman penjara ditambah 5 tahun lagi jadi total hukumannya 20 tahun.

Adapun Sugiharto diwajibkan mengembalikan uang yang dikorupsi sebesar USD 450 ribu dikurangi uang yang sudah dikembalikan dan mobil Honda Jazz seharga Rp. 150 juta. Bila tidak membayar harta akan dirampas, bila masih kurang maka hukuman penjara ditambah 3 tahun menjadi 18 tahun penjara.

Saat itu Irman adalah Dirjen Dukcapil Kemendagri, Pejabat pembuat komitmen dalam proyek itu Sugihartono juga ikut diadili.

Menurut perhitungan BPKP proyek e-KTP merugikan negara sebesar Rp. 2.3 triliun, Sugiharto menangis dipengadilan. Awalnya dirinya dihukum 5 tahun penjara Sedangkan irman 7 tahun penjara tingkat pertama.

No comments

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.