16 Tahun Penjara Untuk Novanto Dinilai Setimpal

KoranHarian.Net16 Tahun Penjara Untuk Novanto Dinilai Setimpal - Jakarta, Mantan DPR RI Setyo Novanto dinilai terbukti melakukan tindak pidana korupsi dalam proyek pengadaan KTP-el.

Peneliti Pusat Kajian Anti Korupsi UGM (Pukat UGM) Hifdzil Alim menilai tuntutan 16 tahun penjara yang dijatuhkan kepada Setya Novanto cukup setimpal.

Saya pikir 16 tahun itu sudah cukup walaupun ada tuntutan seumur hidup, didalam Undang- Undang ditetapkan pidana penjara maksimal 20 tahun ujar Hifdzil.

Kasus ini akan tetap ditindak lanjuti sampai benar- benar tuntas oleh KPK, dikarenakan kasus besar ini pasti masih ada pelaku lain atau tokoh lain yang lebih besar yang berada dibalik korupsi proyek bernilai Rp. 5,8 triliun ini.

Terdakwa sudah terbukti secara sah melakukan tindak pidana korupsi, Majelis Hakim PN Tipikor Jakarta Pusat sudah memeriksa dan menjatuhkan pidana beruta 16 tahun penjara kata Jaksa Abdul Basir saaat membacakan tuntutan, Kamis 29 Maret 2018.

Novanto terbukti melanggar UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. Dia harus membayar US$7.435.000,- dikurangi RP.5 miliar yang sudah dipulangkan ke KPK paling lambat 1 bulan setelah hukuman bersifat tetap, hak politiknya pun akan dicabut 5 tahub eks ketua umum Partai Golkar.

Novanto dinilai terbukti mendapat jatah US$7.3 juta, Dia juga terbukti menerima jam tangan merek Richard Mile seri RM 011 senilai US$135 ribu dari proyek bernilai US$135 ribu dari proyek bernilai Rp.5.8 triliun.

No comments

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.