Gubernur Jakarta Terpilih Anies Baswedan Dilaporkan ke Polisi Karena Pidato 'Pribumi' nya


Gubernur Jakarta Terpilih  Anies Baswedan Dilaporkan ke Polisi Karena Pidato "'Pribumi' nya


Koranharian.net, Gubernur DKI Jakarta Terpilih Bpk.Anies Baswedan di laporkan oleh pengagas Gerakan Pancasila Jack Boyd Lapian ,ke Bareskrim Polri pada hari selasa 17/10/2017. Anies Baswedan yg resmi dilantik pad hari senin 16/10/2017 di laporkan atas pernyataanya pada pidato saat pelantikan dirinya sebagai Gubernur baru DKI Jakarta.

"Dulu kita semua pribumi ditindas dan dikalahkan. Kini telah merdeka, kini saatnya menjadi tuan rumah di negeri sendiri. "Jangan sampai Jakarta ini seperti yang dituliskan pepatah Madura. Itik telor, ayam singerimi. Itik yang bertelor, ayam yang mengerami." 

Pidato ini yg menjadi polemik dan di nilai Boyd sebagai memecah belah Pancasila. "Terkait dengan bahasa Beliau bicara mengenai pribumi yang dulu kalah sekarang pribumi harus menang. Ini pribumi yang mana? Pribumi Arab, Cina atau pribumi yang betul asli Indonesia,"kata Boyd 

Penggunaan kata "Pribumi" ini yg di anggap melanggar Undang2 Nomor 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis.Yang juga di atur dalam Instruksi Presiden Nomor 26 tahun 1998 tentang menghentikan istilah Pribumi dan NonPribumi dalam semuia Perumusan dan Penyelenggaran Kebijakan,Perencanaan Program ataupun Pelaksanan Kegiatan Penyelenggaraan Pemerintahan.
Gubernur Jakarta Terpilih  Anies Baswedan Dilaporkan ke Polisi Karena Pidato "'Pribumi' nya

Boyd mengatakan akan lebih tepat jika anies menyebut warga negara Indonesia bukan pribumi,tak hanya Gerakan Pancasila, Organisasi Banteng Muda Indonesia (BMI) juga ikut melaporkan Anies Baswedan ke Bareskrim Polri karena hal yg sama setelah laporan mereka di tolak oleh Polda Metro Jaya. dua laporan itu kemudian di jadikan satu laporan polisi.

Laporan tersebut diterima dengan laporan polisi nomor LP/1072/x/2017/Bareskrim. Gubernur terpilih Anies baswedan di laporkan dengan dugaan tindak pidana diskriminatif ras dan etnis sebagaimana di atur dalam Pasal 4 huruf B ke-1 dan 2 dan Pasal 16 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras Dan Etnis.

No comments

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.