Tentara AS Di Tangkap Karena Beri Bantuan Untuk Teroris ISIS



Koranharian.net - Seorang tentara Amerika Serikat (AS) ditangkap atas dakwaan terorisme. Tentara AS yang kini bermarkas di Hawaii ini didakwa memberikan dukungan material untuk kelompok radikal Islamic State of Iraq and Syria (ISIS). 

Seperti dilansir Reuters, Selasa (11/7/2017), tentara bernama Ikaika Kang (34) ini tengah menjadi fokus penyelidikan militer AS juga Biro Investigasi Federal (FBI) selama lebih dari setahun terakhir. Kang ditahan oleh agen FBI pada Sabtu (8/7) waktu setempat.

Menurut dokumen FBI yang didapatkan Reuters, Kang merupakan anggota 25th Combat Aviation Brigade dan 25th Infantry Division pada Angkatan Darat AS.

Dokumen penyelidikan kasus ini telah diajukan ke Pengadilan Distrik AS di Honolulu. Disebutkan dalam dokumen itu, bahwa Kang telah menyatakan sumpah setia kepada ISIS. Namun tidak diketahui pasti sejak kapan Kang terlibat dengan ISIS. 

Dalam pernyataannya, FBI menyebut Kang juga dituding berusaha memberikan dokumen militer dan bantuan pelatihan kepada ISIS. 

Otoritas federal AS meyakini Kang, yang kini bermarkas di Barak Militer Schofield di Pulau Oahu, sebagai 'lone actor' yang tidak terkait dengan militan manapun. Dia juga dinyatakan tidak memberi ancaman segera di Hawaii.

Kang dijadwalkan akan hadir dalam sidang perdana yang digelar pada Senin (10/7) sore waktu setempat.

Sumber : Detik.com

No comments

Powered by Blogger.