Mudik? Bukan Hanya Ada Di Indonesia, Mari Disimak

Mudik? Bukan Hanya Ada Di Indonesia, Mari Disimak

KoranHarian.Net, Lebaran memang tinggal sebentar lagi. Berbagai persiapan pun mulai dilakukan. Mulai dari oleh-oleh, baju baru, tiket atau kendaraan yang akan digunakan. Tapi tahukah kalian kalau ternyata nggak cuma Indonesia saja yang punya tradisi mudik tiap Lebaran. 

Selain Indonesia, 7 negara di berbagai belahan dunia juga punya tradisi mudik yang nggak kalah seru lho. Penasaran negara mana saja yang punya tradisi mudik? Kira-kira seperti apa ya gaya pulang kampung di sana? Berikut ulasan tentang 7 negara yang juga punya tradisi mudik. 


1. India


India memang jadi salah satu negara dengan jumlah penduduk yang besar. Negara ini juga dikenal dengan berbagai perayaan hari raya yang unik. Meski minoritas, ternyata umat muslim di sana juga ikut merayakan kemeriahan Lebaran dengan cara mudik naik kereta atau transportasi lain ke kampung halamannya. 

Tapi tradisi mudik di sana memang nggak sebesar di Indonesia sih. Meski demikian, mereka tetap merayakan Idul Fitri bersama keluarga di kampung halaman dengan meriah. Mereka juga akan saling mengirimkan makanan, bersilaturahmi, bersalam-salaman dan membagikan sedekah. 

2. Malaysia


Negara tetangga Indonesia ini ternyata juga menerapkan tradisi mudik jelang Lebaran. Di Malaysia, tradisi mudik dikenal dengan nama "balik kampong". Masyarakat Malaysia yang memang mayoritas muslim ini juga merayakan Hari Raya Idul Fitri sama meriahnya seperti di Tanah Air. 

Umumnya warga yang "balik kampong" adalah orang yang merantau ke kota untuk bekerja. Nah, "balik kampong" ini tak hanya orang Malaysia lakukan pada saat Lebaran saja, tetapi biasanya juga saat tahun baru Imlek. 

3. Arab Saudi


Ternyata tradisi mudik juga dilakukan oleh masyarakat Arab Saudi saat hari raya Idul Fitri lho. Mereka juga mudik saat Idul Adha. Selain mudik, saat menjelang Lebaran masyarakat di sana juga sibuk menata rumah agar terlihat indah ketika dikunjungi tetangga atau keluarga. 

Sama seperti di Indonesia, warga Arab juga berlomba-lomba mempersiapkan berbagai makanan spesial khas Ramadan untuk menyambut para tamu. Bahkan berbagai festival dan pertunjukan seni juga banyak digelar selama perayaan Idul Fitri. 

4. Turki


Nggak cuma di Indonesia, Turki juga punya tradisi mudik yang cukup unik. Disana istilah mudik dinamakan dengan "bayram". Saat "bayram", warga akan berkumpul dan bermaafan dengan sanak keluarga. Nggak jauh berbeda deh dari di Indonesia. 

Nah, setelah berkumpul dengan keluarga mereka akan melanjutkannya dengan tradisi berziarah dan tabur bunga ke makam orangtua atau keluarga. Kegiatan ini dilakukan secara besar-besaran dan ditandai dengan kemunculan pasar bunga di beberapa daerah di Turki. 

5. Bangladesh


Begitu pula dengan di Bangladesh. Negara dengan masyarakatnya memeluk agama Islam ini juga merayakan hari raya Idul Fitri seperti di Indonesia. Mereka bahkan sudah mulai mudik beberapa hari sebelum Lebaran lho. 

Beberapa hari menjelang Idul Fitri, biasanya arus mudik di Bangladesh sudah mulai ramai. Orang-orang akan berlomba memenuhi terminal bus, memadati stasiun kereta api hingga memilih mudik dengan perahu sungai. Waduh kayaknya seru deh yang naik perahu. 


6. Nigeria


Begitu pula dengan Nigeria. Di sana, hari raya Idul Fitri juga dijadikan hari libur nasional. Meski hanya dua hari, namun banyak umat Muslim Nigeria yang pulang ke kampung halamannya masing-masing. Mereka akan mengunjungi keluarga serta berziarah ke makam para pendahulunya. 

7. Pakistan


Nggak ketinggalan adalah tradisi mudik dari negara Pakistan. Sama seperti di Indonesia, orang Pakistan juga akan berkumpul dan berlebaran bersama keluarga dan sanak saudara di kampung halamannya. Mudik ala negara Asia Selatan ini bahkan nggak kalah heboh lho. 

Biasanya ribuan polisi dan kamera pengintai ditempatkan di berbagai lokasi ramai pemudik sejak beberapa hari menjelang Idul Fitri. Misalnya saja di terminal bus, stasiun kereta api dan bandara. Hal ini dilakukan demi menjamin kelancaran dan keamanan masyarakat selama mudik Lebaran. 

Itulah beberapa tradisi mudik yang ada di berbagai negara yang nggak kalah seru dan heboh dari di Indonesia. Meski penyebutannya berbeda-beda, namun tradisi mudik Lebaran ini memiliki tujuan yang nggak jauh berbeda. Tujuannya yaitu untuk bersilaturahmi dan berkumpul bersama keluarga untuk saling memaafkan.

No comments

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.