Messi, Selamat Ulang Tahun Yang ke-30

Messi, Selamat Ulang Tahun Yang ke-30

Koranharian.Net - Hari ini dunia sepak bola merayakan ulang tahun salah satu pesepakbola terhebat dalam sejarah. Ya, Lionel Messi genap 30 tahun hari ini, Sabtu (24/6). Entah apa jadinya sepak bola tanpa kehadiran pemain asal Argentina tersebut.

Sejak memulai karier profesional bersama Barcelona pada 2004, Messi menjelma menjadi salah satu pesepakbola paling berpengaruh di dunia lebih dari satu dekade terakhir. Visi bermain, teknik individu, dan penyelesaian akhir Messi sudah mewarnai hidup kita dalam 13 tahun terakhir. 

Lalu apa jadinya sepak bola modern ini tanpa kehadiran Messi? Mari berandai-andai. Pertama, mungkin tidak akan ada kisah mengenai bocah penyakitan asal Argentina yang datang ke Spanyol saat 13 tahun dan kemudian mendominasi sepak bola Eropa bersama Barcelona.

Ya, Messi kecil mengalami penyakit defisiensi hormon (kekurangan hormon pertumbuhan). Orang tua Messi, Jorge dan Celia Cuccittini, ketika itu kesulitan untuk membiayai perawatan sang pemain.

Klub tempat Messi bermain, Newell's Old Boys, gagal memenuhi janji untuk memberikan biaya. Dikarenakan ekonomi Argentina yang sedang sulit ketika itu, klub River Plate juga tidak bisa memberikan kepastian dana. Padahal Messi sudah lolos seleksi River Plate.

Barcelona kemudian mengetahui bakat Messi dan langsung mengontraknya. Barcelona mampu menjamin biaya perawatan Messi sebesar 1.000 dolar AS per bulan.

Jika tidak ada Messi, mungkin trofi Ballon d’Or atau gelar pemain terbaik dunia versi FIFA di lemari rumah Cristiano Ronaldo tidak akan empat jumlahnya, melainkan sembilan.

Andai Barcelona tidak memboyong Messi dari Argentina, mungkin Ronaldo akan mendominasi sepak bola modern dalam satu dekade terakhir. Tidak ada pemain selain Messi dan Ronaldo yang menyabet gelar pemain terbaik dunia sepanjang 2008 hingga 2016.

Jika tidak ada Messi, Barcelona mungkin tidak akan menjadi klub pertama dalam sejarah sepak bola yang mampu dua kali melakukan treble. Pertama terjadi pada 2009 era Pep Guardiola dan teranyar bersama Luis Enrique pada 2015.

Jika tidak ada Messi, mungkin tidak akan ada decak kagum suporter yang menyaksikan aksi individu La Pulga, baik langsung di stadion atau melalui layar televisi. Andai tidak ada Messi, mungkin Jerome Boateng tidak akan dipermalukan hingga terjatuh di kotak penalti Bayern Munich.

Masih banyak kemungkinan lainnya andai Messi tidak bergabung dengan Barcelona. Satu yang pasti, Messi masih akan mendominasi sepak bola dalam beberapa tahun ke depan. Jadi, selamat ulang tahun, Leo!

Sumber : CNN Indonesia

No comments

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.