Hindari Hal Ini Bila Tidak Ingin Terlihat Tua

Hindari Hal Ini Bila Tidak Ingin Terlihat Tua

KoranHarian.Net, Penuaan mungkin menjadi satu hal yang paling dihindari oleh semua orang. Tidak ada orang yang ingin terlihat menua, terutama jika Anda dipenuhi jadwal padat dan beban kerja yang besar.

Dilansir dari mydomaine.com, Rabu (28/6/2016), ketika seseorang disibukkan dengan banyak hal, yang paling mungkin dikorbankan adalah waktu untuk bertemu teman. Secara umum, bersosialisasi mungkin tampak tidak terlalu penting jika Anda memiliki banyak hal untuk dilakukan.

Jika diingat dan dipikirkan kembali, seberapa sering Anda mengatur ulang jadwal bertemu teman dan tidak pernah terlaksana sampai saat ini? Menurut sebuah penelitian terbaru, jarang bersosialisasi juga bisa membuat Anda tampak menua.

Studi ini dilakukan pada awal tahun dan disponsori oleh National Institute of Aging. William J. Chopik, seorang psikolog dari Michigan State University, sekaligus pemimpin studi tersebut meneliti bagaimana sosialisasi atau persahabatan dapat berdampak pada kesehataan dan masalah penuaan.

Ternyata, hubungan keluarga dapat benar-benar memengaruhi seseorang saat usianya menginjak 65 tahun. Hubungan yang sehat dan bahagia terkait dengan kebahagiaan, selama semua anggota keluarga di dalamnya memiliki kepentingan dan tujuan yang sama.

Temuan mengejutkan lainnya menyatakan bahwa persahabatan juga memiliki dampak besar pada kesejahteraan hidup seseorang. Anda yang cenderung bertengkar dengan orang lain memiliki risiko menderita penyakit kronis, seperti diabetes, penyakit jantung, dan masalah kejiwaan.

Berbeda dengan persahabatan, hubungan keluarga tidak terkait dengan penyakit. Kualitas persahabatan sering kali dapat memprediksi kesehatan seseorang lebih dari kualitas hubungan lainnya.

Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya menjaga hubungan sosial dengan orang lain pada masa muda. Semakin tua, Anda akan sulit mencari ruang bersosialisasi yang pada akhirnya akan menyebabkan masalah penuaan, kecuali yang memang telah terbentuk sebelumnya.

No comments

Powered by Blogger.